Rabu, 18 Mei 2016

JALAN -JALAN






J A L A N - J A L A N
Pagi cerah sekali, bunga-bunga bermekaran serta kupu-kupu menari-nari diatasnya dan burung-burung berterbangan sambil bersiul. Suasana itu membuat hati kami  riang gembira, untuk melakukan kegiatan hari ini. Kami dari PAUD CERIA, hari ini memakai baju yang warna-warni berbeda dari hari biasa karena hari ini kami hendak jalan-jalan; suasana di sekolah kali ini sungguh ramai dan penuh kegembiraan. Bel sekolah berbunyi pertanda pelajaran hendak dimulai dan suara anak-anak bersorak riang Ho......re..e..e..e.e.....! kemudian anak-anak berlari dan berkumpul dilapangan sambil menanti ibu guru datang.
Guru     :   Selamat pagi anak-anak....
Murid   :   (1- 4 anak) Selamat pagi bu guru…u..!! bu guru’  hari ini  kita jadi jalan2 kan bu?
Guru     :   Iya, hari ini kita mau jalan-jalan melihatjenis tanaman: ada pohon, sayuran, bunga dan banyak lagi tanaman yang lain. Nah ibu mau tanya nih siapa yang tau kita mau jalan kemana?
Murid   :   Serentak menjawab (ke kebun Bu Guru !!) kan di kebunitu ada pohonnya,sayuran dan tanaman yang lainnya.
Guru   :  Pintar, anak-anak, nah kalau begitu kita bersiap –siap untuk berangkat.
Murid   :   Asyikkkkk.............
Setelah selesai kegiatan di lapangan yang diawali dengan doa, anak-anak bersama guru-guru mulai bersiap-siap hendak melanjutkan kegiatan selanjutnya yakni jalan-jalan. Ibu guru mengajak anak-anak untuk membentuk barisan, yaitu baris dua.  Anak-anak diajak untuk saling bergandeng tangan sambil bernyanyi selama dalam pejalanan ( selamat pagi matahari, pelandu-pelandu, lihat kebunku dan lain-lain). Sungguh menyenangkan kegiatan ini, kami semua riang gembira melakukan perjalanan tanpa kenal lelah. Di tengah jalan beberapa anak melihat pohon yang tumbang dan bertanya’
Murid   :   Ibu guru’ lihat ‘pohonnya kenapa bu?
Murid lain       : Bu guru pohonnya itu tumbangkan bu guru”
Guru    :   Iya, itu namanya pohon yang tumbang. Pohon tumbang itu bisa karena sudah tua atau ada binatang didalam batang pohon itu sehingga pohonnya tidak kuat lagi makanya dia tumbang,
Murid   :    ( salah satu murid) Oooo, berarti nanti kalo aku sudah tua, aku bisa tumbang ya bu, seperti pohon itu’
Guru  :  Nah anak-anak’ sekarang coba dengarkan bu guru ( sambil mendekat ke pohon yang tumbang dan menunjuk ). Pohon ini tumbang karna sudah tua tapi kalau manusia sudah tua bukan tumbang namanya’ tapi tidak kuat lagi’ seperti opa/oma kita yang ada dirumah kita’
Murid   :   Oh begitu ya bu.
Guru  :   Nah anak-anak gimana, kita lanjutkan lagi perjalannnya?
Murid serentak : Lanjut bu……………….
Kemudian anak-anak melanjutkan perjalanannya lebih bersemangat lagi dan penuh ceria sambil melihat-lihat sekelilingnya. Dan tiba-tiba anak-anak mendengar suara “kwek kwek kwek kwek” lalu anak-anak bersorak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Murid   :   Bu Guru, bu Guru, itu suara apa??                                                     
Guru    :   Hayo anak – anak coba kita cari’
Murid  :   Hah…………, ada sungaiii….i…!! Ibu Guru ada sungai !!
Salah satu murid   :  Bu , bu , lihat itu/ teman -teman lihat’ itu ada bebek!!
Murid serentak rame :    Iya itu bebek, bebeknya berenang………asyik………!Ibu Guru sini, ayo liat ibu ayokkkk...!!
Guru  :  Oh..h..ya ternyata yang tadi itu suara bebek. Coba kita hitung berapa banyak bebeknya?
Murid  :  1,2,3... 4. Ibu guru bebeknya ada 4 bu...
Guru    :  Pintar anak-anak,  sekarang coba lihat lagi bebeknya warna apa saja??
Murid  :   Putih buuu!!, Coklat?! , hitam !

Salah satu murid  :  Bu Guru yang kecil itu warna apa?
Murid I  :  Warna putih
Murid II  :   Bukan ……….itu bukan warna putih tapi warna kuning’
Percakapan itu menjadi rame karena anak-anak mempersoalkan warna bebek yang kecil itu. Kemudian ibu Guru datang mengdekati dan menyelesaikan masalah mereka.
Guru : Anak-anak sini ayo dekat sama ibu.. coba lihat warna putihnya ada (murid 2”) , warna coklatnya ada ( murid 2” juga)  dan yang satunya itu warna Coklat campur warna  putih menjadi warna belang.
Murid  : Oh begitu..ya…..bu, jadi warna yang kecil itu namanya belang-belang, aku tau,,aku tau..sambil melompat.
Guru  : Nah anak-anak gimana jalan- jalannya, pasti anak-anak sudah lelah, capek Ibu guru juga sudah lelah. Nah sekarang tiba waktunya untuk makan siang, hayo kita makan bersama’
Murid  : Hore kita makan………………….
Setelah menikmati perjalanan dan makan siang bersama di kebun, anak-anak kembali ke sekolah dan disekolah kami menceritakan kembali apa yang kami dilihat di kebun suasana ruangan kelas menjadi ramai, dan masing-masing anak mengungkapkan pengalamannya secara spontan. Dan pengalaman itu sangat menggembirakan dan berkesan bagi anak-anak untuk hari ini.

Kegiatan Kelompok  : Makul Profesi Kependidikan
v  Salah satu kegiatan di Sekolah dengan judul :    “ JALAN- JALAN ”
v  Kegiatan ini dibuat untuk melihat Aspek-aspek Perkembangan yang ada dalam diri anak seperti : Aspek Kognitif, Astetis, Afeksi,Bahasa, Fisik dan Sosial



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar